Loader
Punya Cat Sisa? Jangan Dibuang! Ini Dia Tipsnya

            Setelah memoles ulang suatu ruangan atau rumah, biasanya kita masih memiliki sisa cat. Namun jangan dibuang dulu, CAT AGA punya tips untuk menyimpan cat sisa yang sudah tak terpakai, agar ked epan bisa digunakan lagi. Untuk menyimpan sisa cat yang tidak terpakai, berikut Langkah-langkahnya:

 

  1. Bersihkan sisa cat yang menempel di bibir kaleng
shutterstock

Setelah selesai mengecat, biasanya bibir kaleng akan dipenuhi cat yang tergores di tepian kaleng. Setelah bersih, tutup bagian terbuka kaleng dengan plastik atau kertas minyak agar lebih tahan lama menyimpan cat untuk beberapa waktu.

 

  1. Tutup kaleng rapat-rapat
shutterstock

Pastikan tutup kaleng cat sudah tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk dan menjadi kedap udara. Hal ini untuk meminimalisir  perubahan zat/ kekentalan yang terjadi pada cat.

 

  1. Jangan memukul tutup dengan kayu
unsplash

Biasanya menutup kaleng cat sedikit susah sehingga banyak yang memakai alat bantu seperti palu atau benda keras lainnya. Hal ini tidak disarankan karena dapat merubah bentuk tutup cat dan dapat menimbulkan penyok dan masuknya udara.

 

  1. Simpan di tempat yang kering dan sejuk
unsplash

Setelah dipastikan tertutup rapat, simpanlah kaleng cat di tempat yang kering dan sejuk. Beberapa cat juga mudah terbakar, jadi sebaiknya disimpan jauh dari sumber panas. Hati-hati karena ada kemungkinan kaleng dapat memuai dan merenggang, sehingga dapat menyebabkan cat menetes.