Loader
Mudah Diterapkan, 7 Tips Agar Cat Dinding Eksterior Tahan Lama

Agak berbeda dengan pengecatan interior, dinding eksterior membutuhkan treatment khusus sehingga dapat menjaga ketahanan cat terhadap cuaca ekstrim. Berikut ini ada 7 tips agar cat dinding bagian luar hunian awet dan tahan lama. 

 

  1. Pastikan Bagian yang Akan Dicat Dalam Keadaan Bersih
True Value paint

Bersihkan bagian dinding dari semua jenis kotoran, seperti debu, isolasi dan juga paku. Ini adalah langkah penting sebelum memulai proses pengecatan. Permukaan dinding yang halus dan tidak berlubang dapat menjaga kualitas ketahanan cat.

 

  1. Sebelum Mulai Mengecat, Kenali Jenis Dinding
Unsplash

Tips kedua sebelum mulai mengecat adalah kenali jenis dinding, terbuat dari bahan apa dinding tersebut. Sebagai contoh, dinding bermaterial kayu dan gipsum tentu akan menggunakan jenis cat dinding yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengenali material dinding rumah anda.

 

  1. Jangan Asal Pakai, Gunakan Cat Khusus Eksterior
Family Handy Man

Langkah selanjutnya adalah gunakan cat khusus eksterior. Sesuai dengan fungsi, cat dinding biasanya dibuat dengan formula khusus sehingga dapat tahan lama terhadap cuaca ekstrim. Seperti yang terdapat pada olahan Cat AGA Super.

 

  1. Pilih Warna Cerah Untuk Minimalisasi Tingkat Kepudaran
Athena Amartin

Untuk meminimalisasi warna yang pudar, sangat dianjurkan untuk memilih warna cerah. Selain karena warna gelap memiliki pigmentasi yang lebih kompleks, cat dinding berwarna cerah dapat menimbulkan efek bersih dan elegan. Beberapa pilihan warna yang dapat anda coba adalah biru muda, putih, hijau muda dan kuning.

 

  1. Maksimalkan Fungsi Roller
Unsplash

Selama pengecatan sangat dianjurkan untuk menggunakan roller. Bukan hanya menghemat waktu, roller merupakan medium yang tepat karena dapat membantu mempersolid proses pengecatan. Dengan demikian maka cat akan teraplikasikan secara merata serta efisien dibandingkan jika menggunakan kuas.

 

  1. Perhatikan Waktu Pengecatan
Slide-lok

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah waktu pengecatan. Jika cuaca sedang mendung, baiknya pilih waktu lain. Cuaca buruk tentunya akan mempengaruhi proses pengeringan. Disarankan memilih waktu saat matahari tidak terlalu terik, sehingga cat tidak mudah menguap serta proses pengeringan pun aman.

 

  1. Gunakan Cat Dasar Agar Daya Tutup Semakin Awet
Getty Images

Tips terakhir, ada baiknya menggunakan cat dasar sebelum mulai pemolesan dengan cat utama. Sebagian orang sering abai, padahal cat dasar dapat berfungsi untuk memperkuat daya tutup serta mencegah adanya lumut. Dengan begitu, cat utama akan semakin tahan lama.