Loader
Keindahan Pemukiman Warna-Warni Bo-Kaap di Afrika Selatan

Pemukiman maupun kampung dengan eksterior warna-warni merupakan fenomena global yang tersebar diseluruh dunia. Salah satu pemukiman warna-warni yang palin populer di dunia adalah Bo-Kaap yang berlokasi di Afrika Selatan.

Bo-Kaap merupakan area dimana orang Melayu tinggal di Afrika Selatan. Berlokasi di kaki bukit Signal Hill, pemukiman ini memliki pemandangan alam yang tak kalah indah. Bukan area baru, kampung warna-warni satu ini telah berdiri lama di Cape Town, Afrika Selatan sejak tahun 1760. Sebagian besar penduduknya pun memeluk agama Muslim. Di area ini juga terdapat Masjid Nurul yang telah berdiri sejak tahun 1844.

Ingin tahu lebih lagi tentang Bo-Kaap? Simak keindahan pemukiaman Bo-Kaap dengan semarak warna cerah ceria di Afrika Selatan satu ini.

  1. Mengekspresikan Kebebasan Dengan Warna yang Cerah
adventuroustravels

 

Berjalan-jalan di area Bo-Kaap pastinya akan menimbulkan perasaan senang dan bahagia bagi anda. Mewarnai bangunan dengan warna-warna cerah ternyata bukan sekedar untuk memberikan nilai estetika bagi orang Melayu di Bo-Kaap, budaya ini merupakan manifestasi dari perasaan senang akan kebebasan.  Pemukiman ini dulunya merupakan lokasi perbudakaan Belanda, dimana Belanda membawa budak dari Indonesia ke tanah tersebut.

  1. Warna Cerah yang Terjaga Cerahnya Karena Selalu Diperbarui
whereintheworldisriccardo

Salah satu tradisi di pemukiman ini adalah mengecat ulang rumah ketika baru saja pindah. Selama rumah masih dalam status kosong atau disewakan, rumah akan dicat putih sampai memiliki pemilik baru. Oleh karena itu, warna tiap rumah di Bo-Kaap tetap cerah meski telah bertahun-tahun.

  1. Memiliki Cat Sempurna Dengan Hasil Akhir Matt
thecommonwanderer

Tampaknya para penduduk Bo-Kaap pandai mengecat rumah mereka. terbukti dengan hasil akhir cat rumha yang nyaris sempurna denganhasil akhir matt yang cerah. Hasil kuasnya pun tampak mulus dan rata tanpa celah dan belang. Hal ini yang membuat lokasi pemukiman ini bisa menjadi latar foti yang ikonik bagi para turis mancanegara.

  1. Masjid Nurul Dengan Warna Tosca
twowanderingsoles

Satu-satunya masjid yang ada dilingkungan ini adalah Masjid Nurul. Mengikuti tradisi di Bo-Kaap. MAsij satu ini juga di dekorasi dengan eksterior cerah. Warna hijau tosca yang lembut menjadi pilihan para penduduk untuk menghias eksterior masjid tertua di Bo-Kaap satu ini. Sebagian besar penduduk Bo-Kaap sekarang telah berkulit gelap seperti ras Afrika. Namun, bisa jadi masih banyak juga yang merupakan keturunan Melayu atau Indonesia di pemukiman ini. Sebagian besar penduduk Bo-Kaap masih memeluk agama Muslim.

  1. Dekorasi Aksen Interior yang Sederhana dan Manis
lisagilmoredesign

Sebagai aksen pemanis eksterior rumah, semua warga tampak sepakat untuk memberikan dekorasi yang serupa. Tidak banyak tambahan aksen yang diberikan selain cat putuh pada jendela atau pintu rumah. Rumah juga dipercantik dengan beberapa tanaman hias seperti rumput hias hingga bunga-bunga cerah dalam pot yang rapi.

Itu tadi pesona dan keindahan pemukiman Bo-Kaap di Cape Town, Afrika Selatan. Tertarik untuk berkunjung?(*)